Tips Aman Transaksi jual beli online

wildan bakero Desember 21, 2018

Tips Aman Transaksi jual beli online

Aktivitas transaksi jual beli saat ini semakin menjamur, Apalagi sekarang situs jual beli online dengan menyediakan layanan kemudahan untuk bisa melakuakan transaksi ini secara gratis dan semakin banyak serta beraneka ragam situs marketplace yang tersebar sampai saat ini. Maka dari itu ada saatnya jual beli memiliki tata cara online mengandung resiko karena produk yang ditawarkan hanya berupa penjelasan spesifikasi barang dan beberapa gambar yang tidak bisa kita jamin kebenarannya.

Untuk itu dalam transaksi jual beli online kita harus pandai mengenali tatacara pembayaran yang benar dan spesifikasi barang yang telah kita lihat pada iklan barang tersebut. Apabila kita sudah memahami definisi jual beli online tentu akan membuat semakin jauh dari kasus penipuan online.

Kita harus mengerti apa itu Jual Beli Online?

Pengertian Transaksi Jual Beli adalah suatu kesepakatan atau persetujuan saling mengikat antara penjual yakni pihak yang menyerahkan barang, dan pembeli adalah sebagai pihak yang membayar harga barang yang dijual.

Menurut etimologis, Jual beli adalah tukar menukar harta dengan harta, Artinya dalam transaksi jual beli adalah transaksi tukar menukar antara harta milik penjual biasanya berupa barang dengan harta milik pembeli biasanya berupa uang. Kenapa disebutkan seperti itu? Sebab dalam transaksi ini juga bisa terjadi tukar menukar barang dengan barang yang disebut jual beli dengan cara barter atau transaksi tukar menukar uang dengan uang yang disebut jual beli money changer. Maka Jual beli terjadi karena adanya penawaran oleh penjual dan adanya permintaan oleh pembeli yang saling melengkapi.

Tentu apabila kita ingin melakukan transaksi jual beli online maka kita setidaknya terhubung dengan internet, Maka kalian harus mempersiapkan sebelumnya.

Kesimpulan dari transaksi jual beli online adalah :

Dari bacaan diatas diatas kita dapat menyimpulkan bahwa Jual Beli Online adalah aktifitas jual beli adalah transaksi penawaran barang oleh penjual dan permintaan barang oleh pembeli secara online dengan memanfaatkan jaringan teknologi internet.

Kendala yang sering terjadi saat jual beli online

Transaksi Jual beli

Objek Jual Beli online ialah bukan seperti di pasar, kita dapat melihat dan merasakan produk yang akan kita beli dengan cara melihat secara langsung, bisa mencobanya, ataupun memegang produk yang akan dibelinya. Itu tidak berlaku pada objek jual beli online karena produk yang dipasang hanya berupa spesifikasi produk yang tertulis, sehingga pembeli wajib berhati-hati dalam memilih barang.

Biasanya pelaku jual beli order penjualan dan order pembelian online yang hanya dilandasi oleh kepercayaan satu sama lain, Artinya pelaku jual beli online kadang tidak jelas maka dari itu banyak yang lebih memilih sistem pembayaran transaksi COD (Cash On Delivery) atau pembayaran ditempat dan serah terima barang saat pembeli telah melihat dari bentuk fisik barangnya. Maka sangat berhati-hatilah saat anda melakukan pembayaran dengan cara transfer, Sebaiknya teliti dahulu reputasi penjual yang menawarkan barang seperti mengecek keberadaan penjual, mengecek keberadaan toko offline penjual, atau izin usaha penjual, atau mengetikan nomer rekening bank penjual dalam pencarian google.

Namun sebaliknya apabila anda sebagai penjual sebaiknya janganlah langsung mengirim barang sebelum pembeli melakukan pembayaran secara penuh atas barang yang anda jual.

Kalaupun pembeli lebih memilih transaksi COD maka sebaiknya anda tidak menyembuyikan kecacatan fisik dari barang yang akan anda jual, Karena hal tersebut sangat fatal dan mungkin membuat anda merugi, Maka sebagai penjual anda harus menjelaskan sejujur-jujurnya tentang apa kekurangan barang anda maupun kelebihan barang anda. Tentu anda harus menentukan tempat untuk berjumpa konsumen saat memilih bertransaksi COD, Pilihlah tempat yang ramai seperti dipertengahan kota bahkan anda juga dapat memilih mall sebagai tempat saling bertatap muka, Karena lokasi yang aman tidak membuat calon pembeli anda merasa ragu. Dan jika anda memilih jasa pengiriman barang sebaiknya perhatikan layanan jasa pengiriman yang sudah profesional.

Topik jual beli online ini kami tuliskan bukan bermaksud menakut-nakuti anda bertransaksi secara online tetapi agar kita lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi penjualan maupun pembelian online.

Semoga postingan jbo kali ini bermanfaat & menambah wacana bagi kita semua, Salam Sukses.

0/5 (0 Reviews)
Kategori : Tips & Trik