Janjikan Keuntungan Berlipat-Lipat Menekuni Budidaya Ikan Keramba

Juragan Februari 4, 2019

Janjikan Keuntungan Berlipat-Lipat Menekuni Budidaya Ikan Keramba

Sektor perikanan di Indonesia masih belum tergali dengan maksimal. Sebagai seorang pebisnis, ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan bagi Anda. Sebagai contoh, Anda bisa mulai memikirkan untuk memulai bisnis budidaya ikan keramba. Bisnis ini sering dilirik karena Anda bisa membudidayakannya di sungai, danau, kolam terpal, atau bahkan laut.

Selain itu, sistem budidaya dengan keramba sudah terbukti efektif dan efisien untuk membesarkan ikan nila. Bayangkan saja, dengan media yang tidak terlalu luas, hasil panen bisa dilipat gandakan tanpa menambah biaya. Melihat hal ini sudah tentu bisnis budidaya ikan keramba jaring apung menjadi prospek yang besar di kemudian hari.

Sebelum menjalankan bisnis budidaya ini, Anda harus menyiapkan beberapa hal. Tentunya, Anda harus menyiapkan media pembesaran ikan terlebih dahulu. Umumnya media yang digunakan adalah 4x4x3 m3. Sebagai pelengkap media ini, Anda harus membeli pelampung, tali jangkar, jangkar, dan jaring. Agar pembudidayaan lebih maksimal maka sediakan juga pembersih jaring. pengukur kualitas air, peralatan lapangan, dan sampan.

Penyebaran benih juga harus diperhatikan dengan benar. Rendam benih tersebut dengan kalium permanganat konsetrasi 4-5 ppm. Lama waktu perendaman kurang lebih 15-30 menit. Lakukan penebaran benih  pada pagi hari sehingga ikan tidak stres dan mati.

Tebar benih dengan ukuran 5-8 cm dengan berat 30-50 gram. Berikan pakan lambit pada benih tersebut. Pembudidayaan berlangsung selama 4 bulan khusus untuk ikan nila. Tingkat kelangsungan hidup cukup tinggi yaitu 80%. Setelah menggunakan lambit, Anda bisa menggunakan pelet apung dengan dosis 3-4% dari total keseluruhan ikan.

Berikan pakan 3 kali sehari untuk pagi, siang dan sore. Untuk panen ikan dalam bisnis budidaya ikan keramba kali ini bisa dilakukan sesuai permintaan pasar. Umumnya, Anda bisa memanen ikan jika bobot ikan sudah mencapai 500 gram per ekor. Cara panen juga harus Anda perhatikan. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan panen pada pagi atau sore hari agar resiko kematian semakin kecil.

Mungkin berminat ?
Bisnis Ternak Burung Lovebird Janjikan Keuntungan Menggiurkan

Untuk memastikan agar ikan sampai di tangan konsumen secara segar, Anda harus melakukan pengangkutan air dengan suhu sekitar 20 derajat celcius. Kemudian, lakukan pengangkutan pada pagi atau sore hari.

Jaga kepadatan ikan agar tidak terlalu padat untuk menghindari risiko lemas dan mati. Lebih lanjut lagi, Anda bisa memilih untuk melakoni bisnis budidaya ikan keramba secara modern dan tradisional. Penjelasan ini menunjukkan bahwa Janjikan Keuntungan Berlipat-Lipat Menekuni Budidaya Ikan Keramba. Selain itu, bisnis pada sektor perikanan masih sangat terbuka lebar.

Kemudahan pembudidayaan ikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pebisnis. Jika Anda bisa membudidayakan ikan tersebut secara benar, maka keuntungan bisa berlipat. Pelajari ilmunya, praktekkan, kemudian rasakan nikmatnya bisnis budidaya ini. Untuk mempromosikan hasil budidaya ikan anda agar tidak terjadi kesulitan maka anda bisa memasarkannya di pasar lokal atau restoran-restoran makanan namun tidak ada salahnya jika anda pasang iklan gratis untuk lebih memudahkan menjual hasil budidaya ikan anda secara online. Semoga bermanfaat dan selalu semangat dalam menjalankan sebah bisnis yang anda tekuni.

 

0/5 (0 Reviews)
Kategori : Bisnis